Lokakarya ‘Belajar Berarti Berubah’: Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran bagi Dosen STT Immanuel Sintang

Authors

  • Sarah Citra Eunike Sekolah Tiinggi Filsafat Theologia Jaffray, Makassar, Indonesia
  • Yosua Feliciano Camerling Sekolah Tiinggi Filsafat Theologia Jaffray, Makassar, Indonesia
  • Lora Brake Wheaton College, United States
  • Elfi Purnama Sari Yayasan Kaleb Yosua, Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61471/ko-jan.v2i2.46

Keywords:

BBB, Inovasi Pembelajaran, Dosen, Pembelajaran Orang Dewasa, STT Immanuel Sintang

Abstract

Artikel ini bertujuan menunjukkan dampak pelaksanaan inovasi pembelajaran dengan prinsip ‘Belajar Berarti Berubah’ (BBB) dalam lokakarya bagi dosen STT Immanuel Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memaparkan setiap tahapan kegiatan dan dampaknya. Hasilnya menunjukkan bahwa para peserta mulai menerapkan prinsip-prinsip BBB dalam pembelajaran. Lokakarya ini mendorong perubahan signifikan dalam perencanaan dan pelaksanaan pengajaran di lingkungan kampus. Prinsip BBB yang meliputi pendekatan berpusat pada peserta, tindakan disertai perenungan, kerja kelompok, pemecahan masalah, dan pembelajaran mandiri telah terbukti relevan dengan kebutuhan pembelajaran orang dewasa di konteks pendidikan tinggi teologi.

References

D. Supriadi, “Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, vol. 1, no. 2, pp. 125-132, 2018.

K. B. Sastrawan, “Profesionalisme Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran,” Jurnal Penjaminan Mutu, vol. 2, no. 2, pp. 65-73, 2016.

L. Susanti, Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.

F. F. Harahap, F. Lubis, M. Fitria and N. Khairani, “Jenis dan Karakteristik Inovasi Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan dan Riset, vol. 1, no. 2, pp. 82-90, 2023.

“Inovasi,” Kamus Besar Bahasa Indonesia, Okt 2024, https://kbbi.web.id/inovasi.

A. Djamaluddin, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019.

D. Ambarwati, U. B. Wibowo, H. Asyiadanti dan S. Susanti, “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 173-184, 2022.

W. Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2010.

A. Pane, M. D. Dasopang, “Belajar dan Pembelajaran,” Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, vol. 03, no. 2, pp. 333-352, 2017.

J. Giezendanner, E. P. Sari dan R. Karasih, Buku Pegangan Lokakarya BBB di STT Immanuel Sintang, 2024.

H. Hendricks, Teaching to Changes Lives, Colorado: Multnomah, 2003.

L. J. Moleong, Metode Penelitian Kialitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

M. R. Fadli, “Memahami Desai Metode Penilitian Kualitatif,” Kajian Ilmiah Mata Kuliah, vol. 21, no. 1, pp. 2579-4248, 2021.

H. Wijaya, Metodologi Penelitian, Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.

R. Rahayu, S. Iskandar dan Y. Abidin, “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1-6, 2022.

Y. Suherman, I. R. Anggraeni, dan M. Hidayat, “Penerapan Prinsip Andragogi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Orang Dewasa,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 8, no. 2, pp. 229–237, 2023. doi: 10.17977/jptpp.v8i2.16502.

R. A. Siregar dan M. A. Basri, “Inovasi Pembelajaran Berbasis Partisipatif di Perguruan Tinggi Keagamaan,” Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan, vol. 18, no. 1, pp. 47–56, 2023. doi: 10.32764/berkala.v18i1.1572.

A. Nurhayati, “Penerapan Pembelajaran Reflektif dalam Pendidikan Teologi: Studi Kasus di STT XYZ,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 12, no. 1, pp. 55–70, 2022.

T. Yuwono, “Strategi Pengembangan Profesionalisme Dosen melalui Pelatihan Kolaboratif,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 13, no. 2, pp. 112–121, 2023. doi: 10.24832/jpnk.v13i2.4160.

L. Gultom, “Integrasi Prinsip-Prinsip Yesus dalam Desain Pembelajaran Orang Dewasa,” Jurnal Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, pp. 89–98, 2023. doi: 10.32923/andragogi.v6i2.2201.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Eunike, S. C., Camerling, Y. F., Brake, L., & Sari, E. P. (2024). Lokakarya ‘Belajar Berarti Berubah’: Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran bagi Dosen STT Immanuel Sintang. Khaliya Onomiyea: Jurnal Abdimas Nusantara, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.61471/ko-jan.v2i2.46

Issue

Section

Articles