Membangun Masyarakat melalui Bimbingan Belajar Gratis di Dusun Tammu-tammu Moncongloe

Authors

  • Fajar Gumelar Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar https://orcid.org/0000-0001-7053-1454
  • Armin Sukri Kanna Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray, Makassar, Indonesia
  • Imelda Gisela Asa Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61471/ko-jan.v1i2.19

Keywords:

Bimbingan belajar, Moncongloe, Pembangunan masyarakat

Abstract

Fokus tulisan ini adalah untuk menunjukkan seberapa besar pengaruh dan manfaat bimbingan belajar gratis terhadap minat dan motivasi belajar anak-anak – dalam rangka upaya meningkatkan kualitas pendidikan di skala mikro, guna membangun dan meningkatkan kehidupan masyarakat, khususnya di Dusun Tammu-tammu, Moncongloe, Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan suatu kajian yang bersifat deskriptif kualitatif, dimana penulis menggambarkan secara naratif kegiatan yang dilakukan dan dampak yang ditimbulkannya. Kegiatan bimbingan belajar gratis di Dusun Tammu-tammu terbukti dapat menolong untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar anak, serta berdampak langsung pada kualitas belajar mereka, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rapor di sekolah. Dengan demikian, kegiatan bimbingan belajar telah turut menjadi roda penggerak dalam membangun masyarakat di Dusun Tammu-tammu, Moncongloe.

References

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765.

Green, G. P., & Haines, A. (2007). Asset Building & Community Development. SAGE Publications.

Vidal, A. C., & Keating, W. D. (2004). Community Development: Current Issues and Emerging Challenges. Journal of Urban Affairs, 26(2), 125–137. https://doi.org/10.1111/j.0735-2166.2004.00191.x.

Haines, A. (2009). Asset-based Community Development. In R. Phillips & R. H. Pittman (Eds.), An Introduction to Community Development. Routledge.

Kretzmann, J. P., & McKnight, J. L. (1993). Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. ACTA Publications.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Muhardi, M. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478–492. https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153.

Isti`adah, F. N. (2023). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Edu Publisher.

Kurniawan, A., Marlina, L., Firmansyah, H., Ridho, A., Gunawan, E., Yudaningsih, N., Mansur, Nurhayati, S., Fariati, W. T., Forsia, L., A.A.Musyaffa, & Abdurrohim. (2021). Bimbingan Karier: Implementasi Pendidikan Karakter. Penerbit Insania.

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Wellyana, Fitriani, A., Noviyanto, T. S. H., Herlina, M., Wardani, K. D. K. A., Parera, M. M. A. E., & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka.

Anum, A., & Novalia, N. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Siswa melalui Bimbel Bahasa Inggris Gratis Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(01), 60–66. https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1246.

Fiah, R. E., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564.

Nasution, H. F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Bimbingan Belajar Gratis. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 66–73.

Sari, N. Y., Siregar, C. V. B., Tobing, E. B. L., Ginting, I. E. B., Hutasoit, R., Pakpahan, T. B., Sembiring, T. Y., & Sihombing, Y. B. (2022). Cerdas Bimbingan Belajar Matematika dan Bahasa Inggris Gratis di SD Negeri No. 058374. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 96–101.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Publisher.

Niken, N. L., Farokhah, A. J., Amalia, F. N., Fajriyah, K., Alida, S. R., & Sukriyah, U. (2023). Pendampingan Belajar Baca Tulis Hitung (Calistung) Siswa Kelas 1 melalui Fun Learning dan Individualized Educational Program di Mi Ma’arif Depokrejo Kebumen. Jurnal Nauli, 2(2), 39–47. https://doi.org/10.1234/jurnal.

Fadhila, H. I. N., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303.

Mikhaelha, M. (2023, September 29). [Wawancara oleh penulis].

Banne, E. (2023, September 29). [Wawancara oleh penulis].

Okalina, O. (2023, September 29). [Wawancara oleh penulis].

Yani, F. (2023, September 29). [Wawancara oleh penulis].

Leni, L. (2023, September 29). [P Wawancara oleh penulis].

Oktovianus, O. (2023, September 29). [Wawancara oleh penulis].

Sappe, S. (2023, September 29). [Wawancara oleh penulis].

Laporan Semesteran Pelayanan Bimbingan Belajar. (2023, July 25). Yayasan Pelayanan Reformed Indonesia. https://ypriministry.or.id/laporan-semesteran-pelayanan-bimbingan-belajar/.

Downloads

Published

29-12-2023

How to Cite

Gumelar, F., Kanna, A. S., & Asa, I. G. (2023). Membangun Masyarakat melalui Bimbingan Belajar Gratis di Dusun Tammu-tammu Moncongloe. Khaliya Onomiyea: Jurnal Abdimas Nusantara, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.61471/ko-jan.v1i2.19

Issue

Section

Articles